Rachmat Sendjaja - Alumni SMA Kristen Petra 2 1986

Saya Rachmat Sendjaja alumni dari SMPK Petra 2 Embong Wungu 1983 dan SMAK Petra 2 Manyar 1986. Saya mempunyai 5 anak yang semuanya bersekolah di bawah naungan Yayasan PPPK Petra .

Saya sangat menghargai upaya PPPK Petra dalam melakukan perubahan dalam system pendidikan di sekolah yg di bawahnya. Pendidikan Pembentukan karakter berbasis kritiani yang sudah diajarkan sejak usia dini yaitu mulai SD sangatlah patut di beri penghargaan.

Sangatlah berbeda dengan system pendidikan yang saya akami 25 – 30 tahun silam dimana pendidikan hanya berdasarkan kurikulum nasional dan berfokus hanya pada pendidikan kognitif. Dan setelah terjun langsung di masyarakat sebagai praktisi saya sadari bahwa kebutuhan pembentukan karakter sangatlah berperan dalam keberhasilan seseorang dalam menjalani kehidupan disamping pendidikan kognitif.

Saya bisa bagikan betapa besar perubahan pada anak anak saya yang sudah menjalani pendidikaan pembentukan karakter di sekolahnya. Putra saya pernah datang menghadap kepada saya dan meminta maaf karena hasil ulangannya mendapat nilai 30. Waktu saya bertanya kenapa dia bisa mendapat nilai tersebut dan dengan jujurnya dia menjawab karena tidak belajar dan lebih memilih bermain. Dan dia memilih untuk berbicara jujur daripada berbohong karena mendapat pelajaran dr sekolah. Pada anak saya yang lain saya bisa melihat perubahan dalam memperlakukan karyawan di rumah. Saya sangat kaget waktu meraka selalu memulai semua permintaannya dengan kata TOLONG dan juga menyapa dengan selamat pagi tiap bangun tidur. Sesuatu yang kelihatannya kecil namun saya yakini bahwa itu sangatlah baik buat pertumbuhan karakter mereka. Bahkan semua anak saya selalu mengucapkan terima kasih kepada karyawan bila selesai meminta bantuan

Salah satu anak saya pernah mengalami satu periode yang sangat berat di tingkat SMP dan pendampingan dari guru guru BP dan dlm proses pelajaran karakter building dapat merubah kondisi anak saya menjadi lebih berprestasi di tingkat SMA.

Semua setuju bahwa masa kedepan adalah masa yang penuh tantangan bagi tumbuh kembang anak anak kita. Narkotika, sex bebas, pornografi dan konsumerisme menjadi momok yang sangat menakutkan bagi anak kita. Sebagai orang tua harus menjaga , mendampingi dan mengantar mereka melewati masa krusial tersebut. Persiapan pembentukan karakter sejak dini akan mempermudah kita sebagi orang tua untuk mendidik mereka. Pendidikan karakter juga akan membuat anak anak kita bisa memilih komunitas / lingkungan yang tepat yang mereka pilih. Karena lingkungan sangatlah berperan dalam pembentukan karakter anak anak.

Semoga PPPK Petra semakin memberikan porsi yang lebih kepada pendidikan karakter dan kami berdoa supaya PPPK Petra akan menjadi sekolah yang handal dalam menelurkan alumni yang berkwalitas secara karakter sehingga akan berdampak buat lingkungan, sesama dan pencipta. Dan menjadi garam dan terang dunia seperti amanat agung Jesus Kristus.