Sadar Perubahan Zaman, Menyelamatkan Generasi Mendatang - Pdt. Andri Purnawan

PETA PERUBAHAN ZAMAN

Sampai tahun 1950, Indonesia masih berada di zaman yang oleh Alvin Tofler dinamakan era pertanian (ciri: kehidupan tergantung pada pertanian, pada musim, orang sempat tidur siang - dan tidur kapan saja dia mau, karena pekerjaan tidak banyak dan tempat kerja pun tidak jauh dari rumah). Pembagian peran laki-laki dan perempuan juga jelas. Laki-laki ke sawah, perempuan mengurus rumah, anak-anak, ternak ayam dan menumbuk padi di halaman. Hubungan antargenerasi tua-muda bersifat mewariskan. Artinya, pengalaman generasi terdahulu akan berlaku juga untuk generasi yang akan datang. Karena hampir tidak ada perubahan lingkungan, nasihat orang tua rata-rata pas saja buat anak.

Tetapi, pada saat Indonesia masih berada dalam era pertanian, bahkan di Irian masih ada yang hidup dalam zaman batu (kala itu-1950), di Eropa dan Amerika orang sudah hidup dalam era industri di mana segala sesuatu bergantung pada mesin. Sebagian tenaga orang digantikan oleh tenaga mesin. Orang dipacu bekerja sesuai dengan irama mesin. Orang sudah mengenal pembagian jam kerja dan pembagian kerja. Pendidikan makin maju, termasuk pendidikan untuk wanita. Karena itu, pembagian kerja pria-wanita pun berubah. Wanita bisa juga bekerja di pabrik. Bahkan wanita pun bisa menjadi bosnya laki-laki.

Save Their Future iY Generation - Indayati Oetomo

Disela -sela kesibukan saya sehari-hari sebagai seorang guru saya masih menyempatkan diri untuk membaca komponen pribadi para student , hanya untuk sekedar memahami seberapa besar pengaruh latar belakang keluarga dalam pembentukan pribadi mereka.

Pertanyaan dalam komponen yang menjadi konsentrasi saya adalah " Siapa yang menjadi idola Anda ?". Dari berbagai macam jawaban , saya paling menyukai kalau jawaban yang mereka tulis adalah " Ayah saya atau Ibu saya, bahkan Keluarga saya ". Dengan membaca isi komponen tersebut, kita sudah dapat memperkirakan seberapa besar kontribusi keluarga dalam pembentukan pribadi bagi masing-masing anggota.