SMA Kristen Petra 3 - Lita Mevinda (XII IPA 3)

  1. Melalui Pendidikan Karakter ini, saya dibina terus agar mempunyai kepribadian yang baik. Ini akan sangat membantu saya untuk terjun di masyarakat kelak, bukan hanya pintar dalam akademik saja, tetapi juga berkepribadian baik.
  2. Pendidikan Karakter ini tidaklah monoton yang hanya berupa ceramah, tetapi diaplikasikan melalui film-film yang mengandung maksud dari tema itu. Dengan demikian, lebih mudah bagi saya dan teman-teman untuk mencerna maksud atau pesan dari setiap tema yang diberikan.
  3. Forum diskusi pada Pendidikan Karakter juga sangatlah bermanfaat. Saya diajak untuk berpikir dan diskusi tentang maksud dan pesan dari tema per minggunya. Selain itu, saya juga diajak untuk melihat keadaan realitas dunia saat ini (bagaimana manusia zaman sekarang, dan sikap saya yang hidup di tengah lingkungan seperti itu). Dalam forum ini, saya juga diminta untuk menuliskan komitmen pribadi saya. Ini lebih membuat kita menguasai tema tersebut, dan saya harus bertanggung jawab pada komitmen saya.
  4. Pada minggu-minggu tertentu dalam kegiatan Pendidikan Karakter Kristiani, saya juga diajak untuk ikut dalam perjamuan kasih. Dan ada kalanya, setiap kelas diperintahkan untuk membuat suatu mading atau karya lain. Hal ini juga bisa mempererat hubungan persaudaraan dalam kelas itu.

SMP Kristen Petra 3 - Siska Hermanto (VIII-1)

Menurut saya, kegiatan pendidikan karakter yang di adakan pada setiap Sabtu memberikan kesan tersendiri bagi saya. Saya dapat mengerti bagaimana berempati kepada sesama, setia pada Tuhan, dan keluarga, serta mengerti prinsip-prinsip hidup yang benar. Selain itu, pada saatpendidikan karakter ada penayangan film yang sesuai dengan tema. Film yang menceritakan kehidupan sehari-hari itu membuat saya dapat lebih memahami tentang bagaimana kehidupan ini, cara menghadapi berbagai permasalahan hidup, serta bersikap yang benar dalam kehidupan ini. Pada saat menyaksikan film-film tersebut, terkadang saya merasa terharu, bahkan hampir menangis, tegang, dan ada kalanya tertawa karena lucu.

Dalam kegiatan pendidikan karakter, saya juga dapat berdiskusi dengan teman-teman tentang materi yang diajarkan, dan dapat merefleksikan diri serta membuat suatu komitmen, sehingga ke depannya saya dapat menjalani kehidupan yang lebih baik.

Melalui pendidikan karakter ini, karakter para siswa juga benar-benar dibentuk menjadi kuat, mandiri, dan takut akan Tuhan. Dengan begitu, para siswa diharapkan mampu untuk menghadapi tantangan zaman yang tidak mudah, dan bahkan semakin kompleks ini.

Saya merasa mendapat pembekalan yang cukup untuk hidup lebih bertanggung jawab, siap menghadapi tantangan, dan berani memiliki impian-impian yang besar. Sehingga, tak ada sesuatu impian yang mustahil untuk bisa diraih, bagaimanapun keadaan kita.

SMP Kristen Petra 3 - Doni Wardoyo Sembiring (VIII-3)

Selama ini, saya senang bisa mengikuti kegiatan pendidikan karakter, karena kegiatan itu mengajarkan kepada siswa tentang sopan santun dan nilai-nilai hidup, antara lain: honesty, respect, dan responsibility, serta masih banyak lagi pendidikan nilai dan moral yang saya dapatkan.

Kegiatan yang dilaksanakan setiap Sabtu ini membawa kesan positif bagi saya dan teman-teman di sekolah. Kami diajak untuk menyaksikan sebuah film, yang di dalamnya terdapat pesan moral yang bagus, yang dapat menyadarkan siswa yang selama ini berperilaku tidak benar kepada sesamanya. Contohnya film ”Facing the Giant”. Dalam film tersebut, ada seorang pelatih American football yang dianggap tidak mampu untuk melatih timnya. Lalu, dia sadar bahwa perbuatannya selama ini sia-sia karena dia tidak berserah kepada Tuhan. Dan akhirnya, dia dan timnya berhasil menjadi juara American football. Film tersebut adalah film yang paling berarti bagi saya. Karena dari film itu, saya menyimpulkan bahwa tak ada sesuatu yang berhasil jika tidak didasarkan kepada Tuhan.

Pendidikan karakter benar-benar mengubah hidup saya dan teman-teman saya. Semoga kegiatan ini dapat menjadi tekad PPPK Petra dalam mendidik siswa-siswinya.

SMP Kristen Petra 3 - Diky Riesky Hariyanto (VII-4)

Pendidikan karakter diadakan pada setiap Sabtu untuk membangun karakterkarakter yang baik dalam diri siswa. Contohnya yaitu bagaimana seharusnya berperilaku jujur, setia kepada keluarga, dan masih banyak lagi. Dalam pendidikan karakter, siswa juga berusaha untuk mewujudkan sikap-sikap yang diajarkan.

Mereka ikut menyanyi dengan sukacita, mendengarkan guru dalam menyampaikan materi, dan pada saat menonton film, mereka semua terdiam karena memperhatikannya. Setelah kegiatan kelompok besar, dilanjutkan diskusi kelompok, dan siswa juga menuliskan komitmen yang membuat dirinya menjadi lebih baik. Dalam kelompok, kami mendiskusikan materi yang disediakan oleh sekolah, yaitu beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan suatu masalah.

Dari semua kegiatan yang saya alami, saya berharap agar pendidikan karakter dapat dilanjutkan, sehingga pribadi para siswa dapat berkembang lebih

SMA Kristen Petra 5 - Susan M. (XII IPA 2)

PPPK Petra baru saja merintis sebuah program baru di seluruh sekolah Petra, yaitu PKK (Pendidikan Karakter Kristiani). Program ini bertujuan untuk membentuk karakter setiap siswa sehingga dapat menghasilkan pribadi-pribadi yang unggul, tidak hanya dalam bidang intelektual, tetapi juga memiliki karakter kristiani yang kuat.

Program ini merupakan suatu revolusi dalam pendidikan PPPK Petra. Bahkan mengambil satu hari khusus untuk intensif melakukan pendidikan karakter bagi siswa. Setiap siswa juga diberi pin yang bertuliskan "For the Sake of Love". Sesuai dengan tulisan, atas nama cinta kepada Tuhan dan sesama, kami akan berusaha menjadi pribadi yang peduli pada sesama dan dapat diandalkan.