SMP Kristen Petra 5 - Memberi kontribusi

Memberi kontribusi

memberi_kontribusi03.jpgmemberi_kontribusi06.jpgmemberi_kontribusi02.jpgmemberi_kontribusi04.jpgmemberi_kontribusi05.jpgmemberi_kontribusi01.jpg

Pada hari sabtu tanggal 9 Maret 2013 semua bapak ibu wali kelas dengan dibantu oleh para siswa perwaliannya sibuk di kelasnya masing-masing. Ada yang menata kursi dan meja membentuk dapur darurat, siswa yang lain menata meja membentuk stand darurat, ada yang menyiapkan tim dan konsep promosi, hingga membuat potongan kertas bertulisan.  Ada apa gerangan....?

Beberapa saat kemudian, para siswa di tiap kelas sedang menyiapkan satu jenis menu yang akan dibuat, yang kemudian akan dijual ke kelas lainnya. Setelah sesi I (pertama) selesai semua menu telah siap. Kini giliran para siswa tim promosi bertugas membuka stand terlihat sibuk menata dan menyiapkan menu yang disiap dijual kelas.

Begitu bel tanda sesi 2 dimulai, semua tim promosi dari tiap kelas mulai beraksi menerapkan konsep promosi dan penjualannya masing-masing, beraneka ragam menu terlihat dibawa dari kelas ke kelas mulai dari aneka jus buah, siomay, es manado, jasuke, salad, spaghetti, burger, es cao, kolak.

Yang menjadi pembeli adalah para guru, siswa, karyawan, dan satpam di SMP Kristen Petra 5. Tidak terasa semua menu yang dibuat telah terjual dan laris manis. Perasaan senang dan bangga terlihat di raut wajah wali kelas dan siswa perwaliannya. Begitu tanda waktu selesai,  siswa kembali masuk ke kelas dan berkumpul bersama perwaliannya masing-masing dan menghitung hasil keuntungannya.

Wou ... wou ... kami untung ..., hore ... kami berhasil ...., begitulah ekspresi siswa di tiap kelas, beberapa saat kemudian para wali kelas menyampaikan bahwa semua hasil yang didapat hari ini adalah wujud dari menerapkan nilai tentang "Memberi Kontribusi", dan semua kontribusi ini akan dikumpulkan dan disumbangkan kepada para pedagang kaki lima, penjual sayur di pasar Jemur Andayani, tukang tambal ban, penjual soto, dan pembersih sampah, yang semuanya di komplek sekolah Jemur Andayani  pada perayaan Paskah nanti. Hal ini sebagai wujud kontribusi siswa bagi bangsa dan negara di lingkungan sekitar kita.
Semua siswa bangga dan senang karena melalui hal-hal kecil telah mampu menerapkan arti sebuah kontribusi yang berarti bagi orang lain. Semoga pengajaran nilai Pendidikan Karakter di sekolah-sekolah Petra terus berkembang dalam cara dan metode yang semakin menarik dan menyentuh hati semua siswa.