SMP Kristen Petra 5 - Memanfaatkan barang bekas menjadi berguna

Memanfaatkan barang bekas menjadi berguna

memanfaatkan_barang01.jpgmemanfaatkan_barang02.jpgmemanfaatkan_barang03.jpg

Kita semua tahu bahwa semua benda yang telah kita konsumsi akan meninggalkan bekasnya, atau kita sebut sampah, misalnya ketika kita mengkonsumsi air mineral maka akan tersisa botol kemasannya, demikian juga minyak goreng yang tersedia di rumah jika telah habis digunakan maka akan tersisa kemasannya, dan masih banyak lagi yang disebut dengan "barang bekas konsumsi rumah tangga".

Dalam kegiatan kreativitas Character Building tentang "Mengolah Lingkungan secara Bertanggung Jawab", kami bersama-sama dengan perwalian kelas membuat bermacam-macam benda yang bermanfaat bagi kelas mulai dari kotak spidol kelas, vas bunga, hiasan meja, bunga kertas, dan lainnya, yang semuanya diolah dari barang bekas.

Yang menarik adalah bahwa ternyata hasil karya setiap kelas akhirnya dilombakan dan karya yang terbaik dari tiap kelas dikumpulkan di ruang perpustakaan untuk diberi penilaian. Tentu semuanya itu menjadi pelajaran yang berarti bagi kami semua dalam mengikuti Pendidikan Karakter sehingga kami dapat lebih bertanggung jawab dalam menjaga dan merawat lingkungan alam, khususnya lingkungan yang ada di sekitar kita.