SMP Kristen Petra 5 - Bersikap disiplin

Bersikap disiplin

disiplin03.jpgdisiplin02.jpgdisiplin01.jpg

Pada hari Sabtu tanggal 3 Maret 2012 yang lalu, para siswa SMP Kristen Petra 5 kembali mengikuti pelajaran Character Building. Kali ini, mereka melakukan kegiatan kreativitas yang dikemas menjadi rally games yang bersifat speed task. Artinya, setiap pengerjaan soal diberikan durasi waktu tertentu, dan jika durasi waktu telah habis, maka mereka harus berhenti mengerjakan soal tersebut dan langsung beralih untuk mengerjakan soal berikutnya sesuai dengan durasi yang telah ditentukan. Tujuan diberikan durasi yang memperketat aturan permainan ini adalah selain agar para siswa dapat melatih kemampuan bekerjasamanya dalam kelompok, mereka juga berlatih untuk disiplin dalam hal menaati waktu dan aturan permainan yang telah ditentukan.

Dibagi menjadi lima kelompok untuk setiap kelas, ada tiga macam tugas yang harus mereka hadapi dalam rally games ini. Tugas yang pertama adalah berupa permainan logika dengan menggunakan sedotan, di mana setiap kelompok harus memindahkan satu buah sedotan dari soal rangkaian sedotan yang ada agar sesuai dengan hasil jawaban yang diminta, dan untuk mengerjakannya para siswa hanya memiliki waktu sebanyak 15 menit saja.

Kemudian tugas yang kedua adalah menyusun atau merangkai huruf-huruf agar menjadi kalimat core seperti “Boost the values, reap the success”, “Discover and develop”, “The school for real value for education”, “Equipping every student with life skill”, atau “Explore your talent here” . Waktu yang diberikan kepada mereka hanya selama 15 menit saja. Untuk tugas ketiga, setiap kelompok harus membuat yel-yel dengan menggunakan kalimat sesuai dengan yang berhasil mereka rangkai pada tugas sebelumnya. Yel-yel

tersebut memerlukan kreativitas siswa agar gerakan dan lagu yang dibawakan dapat terlihat dan terdengar menarik. Oleh karena itu, untuk melaksanakannya, durasi yang diberikan lebih panjang daripada tugas-tugas sebelumnya, yakni 20 menit mulai dari tahap persiapan hingga siap untuk tampil di depan kelompok lainnya. Senangnya bisa melihat semangat dan kerjasama kelompok para siswa dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan dengan semaksimal mungkin.