SMP Kristen Petra 5 - Mengendalikan Diri

Mengendalikan Diri

mengendalikan_diri01.jpgmengendalikan_diri02.jpg

“Pasta Pengendalian Diri”. Itulah nama permainan yang dilakukan oleh para siswa SMP Kristen Petra 5 dalam pelajaran Character Building. Untuk melakukan permainan ini, setiap kelompok harus membawa satu tube pasta gigi ukuran jumbo, dua buah piring plastik, dan dua buah sendok plastik.

Ketika permainan dimulai, wali kelas akan memberikan instruksi pertama, yaitu setiap kelompok harus berusaha mengeluarkan seluruh isi pasta gigi tersebut sampai tidak tersisa sedikit pun di dalam tube. Setelah semua kelompok selesai, instruksi selanjutnya adalah para siswa diberi tugas untuk memasukkan kembali isi pasta gigi tersebut ke dalam tube seperti semula dengan menggunakan sendok dan piring plastik yang ada.

Banyak siswa yang panik saat melakukan instruksi kedua. Mereka mengalami kesulitan untuk memasukkan kembali pasta gigi tersebut ke dalam tubenya, sehingga bahkan ketika waktu yang diberikan sudah berakhir, tidak satu pun kelompok berhasil menunaikan tugas yang diberikan. Setelah permainan berakhir, wali kelas pun menjawab apa yang menjadi pertanyaan bagi para siswanya.

Berikut ini adalah komentar dari Ivanaldo, salah satu siswa kelas VIII-1, setelah memahami penjelasan yang diberikan oleh wali kelasnya:

“Saya baru mengetahui makna dari permainan ini setelah dijelaskan oleh wali kelas saya. Ternyata melalui permainan ini kita dapat memetik pelajaran akan pentingnya pengendalian diri dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam perkataan maupun perbuatan. Isi pasta gigi yang dikeluarkan dari tube tersebut ibarat tindakan yang kita lakukan tanpa berpikir panjang terlebih dahulu, baik itu berupa perbuatan maupun ucapan. Tindakan yang demikian dapat menyakiti hati orang lain, dan semua tindakan tersebut tidak dapat ditarik ulang. Meskipun kita meminta maaf, namun hal itu akan tetap membekas di hati orang yang kita sakiti, seperti isi pasta gigi yang tercecer dan tidak bisa dimasukkan semuanya ke dalam tube seperti semula.”

Oleh karena itu, teman-teman.. kita harus berusaha untuk dapat mengendalikan diri, baik dalam perkataan maupun perbuatan kita.