SMP Kristen Petra 5 - Travejes Gelar Memasak Massal

Travejes gelar memasak massal

travejes03.jpgtravejes01.jpgtravejes02.jpg

Wuahh.. masakan apa saja ini ya? Hmm.. aromanya sungguh menggugah selera.. Oho! Ternyata dari kegiatan “Memasak Jajanan Pasar” yang diadakan pada tanggal 10 Desember 2011 di SMP Kristen Petra 5 ini, para siswa menyajikan jajanan pasar dari berbagai pelosok negeri. Ada Pisang Rai dari Bali, Pisang Kipas dari Kalimantan, Kolak Pisang dari Jawa Barat, Bika Ambon dari Medan, Kue Klepon, Serabi Selong, dan masih banyak lagi. Selain itu, beberapa siswa tampak mengenakan baju adat dari beberapa daerah, seperti Madura, Maluku, Padang, Bali, Minangkabau, dan daerah lainnya. Acara yang berlangsung sejak pukul 07.00 WIB ini dilakukan di kantin di bawah pengawasan wali kelas masing-masing.

Sementara menunggu hasil masakan jadi, beberapa siswa bersama-sama membuat slogan yang bertemakan “Cinta Budaya Indonesia”. Mereka menuangkan kreativitasnya dengan merangkai slogan dengan dandanan yang ‘Indonesia banget’, seperti hasil karya dari siswa-siswi salah satu kelas VII yang berbunyi: “Our Culture is Our Treasure”.

Setelah masakan siap dihidangkan, acara dilanjutkan dengan kegiatan saling menukar masakan antarkelas. Mereka tampak begitu antusias, bahkan beberapa siswa dengan jujur mengakui bahwa hasil masakan kelas lain yang dicobanya ternyata lebih enak daripada hasil masakan kelasnya sendiri. Usai saling bertukar dan saling mencicipi hasil masakan, para siswa kembali ke kelas masing-masing untuk makan bersama-sama.

Melalui rangkaian kegiatan yang merupakan pelaksanaan dari pelajaran Character Building dengan tema “Menghormati Budaya” ini, para siswa juga memupuk semangat untuk bekerja keras dan saling membantu satu sama lain. Semoga hal ini tidak hanya menjadi kenangan yang tak terlupakan, melainkan terus berlanjut.

F. Luvena (VIII-1)