SMP Kristen Petra 4 - Teguh dan Tangguh

Teguh dan Tangguh

tangguh03.jpgtangguh02.jpgtangguh01.jpg

Dalam pelajaran Pendidikan Karakter Kristiani, para siswa SMP Kristen Petra 4 selalu diajak untuk melakukan kegiatan, baik berupa kegiatan kreativitas maupun permainan yang edukatif. Tujuan dari kegiatan-kegiatan tersebut adalah untuk mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai positif dalam kehidupan yang akan membentuk karakter dan kepribadian siswa.

Kali ini, dalam permainan edukatif, para siswa belajar bekerjasama dalam kelompok untuk membentuk suatu pola bentuk bangun hanya dengan menggunakan seutas tali dalam keadaan mata tertutup, mempertahankan posisi tubuh agar tetap berada di dalam lingkaran tali dan menjaga bola ping-pong agar tetap berada dalam garis batas lembaran karton. Dari permainan tersebut, para siswa pun belajar untuk bersikap saling menghargai, mengendalikan emosi ketika terlibat kerjasama dengan orang lain, dan mau memahami orang lain ketika menerapkan nilai tekun dan tangguh dalam kehidupannya.

Setelah siswa mengalami dan mencerna pelajaran dalam praktek tersebut, guru kemudian menjelaskan materi mengenai makna nilai tekun dan tangguh secara lebih rinci, dilengkapi dengan contoh dalam kehidupan sehari-hari para siswa. Sesi diskusi dan tanya-jawab pun juga dilakukan untuk mengetahui sejauh mana siswa menerima dan memahami materi tersebut. Tidak ketinggalan, di akhir pelajaran juga diadakan refleksi diri serta pengikraran akan komitmen untuk berubah menjadi lebih baik.