SMP Kristen Petra 2 - Kegiatan kelas Pendidikan Karakter

Kegiatan kelas Pendidikan Karakter

pkk03.jpgpkk04.jpgpkk01.jpg

Ada yang berbeda dengan kegiatan Pendidikan Karakter Kristiani yang diadakan pada hari Sabtu tanggal 4 Februari 2012 yang lalu lho. Jika biasanya kegiatan diisi dengan satu set kegiatan yang berisi ceramah, nonton bareng, dan diskusi; maka pada hari itu para siswa SMP Kristen Petra 2 membuat rujak buah dan sebuah karya yang akan dipersembahkan kepada orang tua mereka masing-masing, baik berupa puisi maupun surat cinta. Hmm.. seru sekali ya kelihatannya. Kita tengok, yuk!

Ketika sedang membuat surat cinta atau puisi, para siswa terlihat begitu serius dalam merangkai kesungguhan hati mereka menjadi kata-kata yang sarat makna. Mereka juga berusaha membuatnya sebaik mungkin dengan menggunakan kertas-kertas yang cantik. Setelah selesai, mereka pun memasukkan surat cintanya ke dalam amplop. Ssstt! Diam-diam ternyata ada beberapa siswa yang tidak disangka-sangka memiliki talenta membuat karya puitis yang menyentuh hati lho!

Usai membuat puisi dan surat cinta, kini saatnya acara ngerujak dimulai! Waahh.. lihatlah betapa bersemangatnya para siswa yang akan membuat rujak buah bersama dengan kelompoknya masing-masing. Pantas saja, ternyata rujak buah tersebut akan dipersembahkan untuk papa dan mama sebagai tanda cinta dari mereka. Semua detail bahkan sudah mereka persiapkan dengan sangat baik, mulai dari membawa berbagai macam buah-buahan, pisau, telenan, baskom, bahan-bahan bumbu, cobek dan uleg, bahkan koran sebagai alas agar mereka tidak mengotori meja ketika membuatnya.

Setiap kelompok pun berbagi tugas dengan sesama anggotanya untuk memotong buah-buahan dan membuat bumbu rujak. Dari sini baru terungkap siswa mana yang ahli dan mana yang tidak pernah menyentuh peralatan masak, karena sempat terjadi beberapa insiden yang cukup menggelikan. Ada yang jarinya teriris pisau ketika sedang memotong buah, dan ada pula yang saking bersemangatnya malah membuat cobeknya terbelah saat tengah menguleg. Namun yang pasti, suasana membuat rujak buah ini penuh dengan tawa riang dan sukacita.

Pada hari yang sama, di aula SM Kristen Petra 2 tengah diadakan acara ceramah untuk para orang tua siswa kelas XI, sehingga para siswa kelas XI mendapatkan kesempatan istimewa untuk menyerahkan langsung rujak buah buatan mereka kepada orang tua mereka masing-masing di sekolah. Diawali dengan dua orang siswa yang menyanyikan lagu "Bunda", para siswa kelas XI pun memasuki aula dan menyerahkan rujak buahnya kepada orang tuanya masing-masing. Terkejut, banyak orang tua yang menitikkan air mata karena terharu dengan surprise dari buah hatinya. Oh, so sweet!!