SMP Kristen Petra 2 - Meaningful Presence

Meaningful Presence

pkk06.jpg

Setiap hari Sabtu di sekolah kami, SMP Kristen Petra 2, selalu diadakan Pendidikan Karakter Kristiani. Kegiatan ini selalu membawa kesan tersendiri bagi kami, apalagi mulai tahun ajaran ini, kami mendapatkan pin baru yang melambangkan tema yang diusung oleh Pendidikan Karakter Kristiani. Tema pada semester ini adalah “Meaningful Presence” yang artinya adalah kehadiran kami semua diharapkan dapat membawa perubahan positif yang bermakna bagi diri sendiri, orang lain, institusi dan masyarakat.

Pada bulan Juli kami mempelajari pilar karakter yang pertama, yaitu Trustworthiness (dapat dipercaya). Untuk memahami bagaimana membangun “Meaningful Presence” dengan pilar karakter pertama, Trustworthiness (dapat dipercaya), maka pada bulan Juli kami menerapkan materi “Dapat Diandalkan” yang membuat kami belajar untuk memiliki sikap tanggung jawab; optimis dan tak kenal menyerah; rasa peduli terhadap sesama; serta sikap taat pada aturan dan perintah baik dari orang tua, guru, dan Tuhan. Kami juga menerapkan materi “Berani Mengambil Keputusan” yang membuat kami belajar mengenai sikap kemantapan hati dalam membuat pertimbangan dan memutuskan untuk melakukan sesuatu sekalipun ada kesulitan yang dihadapi.

Sedangkan pada bulan Agustus, kami belajar tentang pilar karakter yang kedua, yaitu Respect (menghormati). Materi yang diterapkan adalah “Bersikap dan Berbicara dengan Sopan” yang membuat kami belajar untuk menghormati orang lain dan menghargai setiap nasihat yang diberikan pada kita. Selain itu, materi lain yang diterapkan dalam pembelajaran pilar Respect ini adalah “Menoleransi, Menerima, dan Menghormati Perbedaan”, yang mana membuat kami belajar untuk menghargai pendapat; latar belakang budaya dan suku; serta mengembangkan sikap toleransi dan simpati terhadap orang lain.

Kemudian pada bulan September diterapkan materi “Menghormati Norma”. Norma yang dimaksudkan di sini adalah norma yang ada di dalam lingkungan keluarga, sekolah, tempat ibadah, dan masyarakat. Melalui penerapan materi ini kami menjadi sadar bahwa menghormati norma adalah penting, karena pengabaian norma akan merugikan baik diri sendiri, orang lain, maupun masyarakat. Dengan demikian, materi ini melengkapi pembelajaran kami akan pilar Respect. Senang rasanya bisa mendapatkan banyak pembelajaran untuk mengembangkan karakter bersama dengan teman-teman lainnya. Semoga kami semua bisa menjadi siswa dengan kepribadian yang unggul.