SMP Kristen Petra 1 - Refleksi diri melalui kartu kehidupan

Refleksi diri melalui kartu kehidupan

refleksi02.jpgrefleksi01.jpg

Pada dasarnya kita sebagai manusia ingin hidup tenang dan berdamai dengan semua orang, namun kenyataan yang ada sering kita menjumpai situasi dalam pertengkaran, kecurigaan, serta permusuhan terhadap orang lain juga. Karena sebagai individu yang hidup dalam situas sosial, terkadang kita tidak bisa lepas akan permasalahan yang mungkin datang dari orang lain, bahkan dari diri kita sendiri.

Dalam kesempatan ini SMP Kristen Petra 1 mengadakan kreativitas pendidikan karakter kristiani tentang "Menjadi Pembawa Damai". Para siswa diajak untuk mengenal konflik yang terjadi melalui media kartu bergambar dan belajar untuk memberikan solusi dari konflik tersebut. Selain itu para siswa juga diajak untuk bisa menjadi pemberi kedamaian melalui solusi-solusi yang diberikan seandainya suatu saat nanti mereka mengalami sebuah konflik.

Kegiatan diawali dengan persekutuan doa (secara bergantian) dilanjutkan kegiatan kelas yaitu refleksi diri melalui kartu kehidupan. Setiap kelas disediakan kartu dari buffalo yang sudah ditempel 20 gambar berbeda tentang fenomena yang terjadi di negara Indonesia (misalnya bencana alam, banjir, tawuran pelajar, dan lain-lain) dan kartu tersebut dinamakan "Kartu Kehidupan". Para siswa dalam satu kelas diajak untuk berdiri membuat lingkaran besar untuk mencermati kartu-kartu yang sudah diletakkan secara acak di bawah lantai dengan seksama. Kemudian Implementer mengajak bernyanyi sambil para siswa berjalan memutar. Seraya bernyanyi dan melihat kartu-kartu kehidupan, para siswa  harus memilih 1 kartu yang tersedia saat Implementer menghentikan nyanyian.

Setelah siswa mengambil 1 kartu kehidupan, implementer mengajak para siswa duduk berkelompok. Lalu Implementer mengajak para siswa berdikusi dalam kelompoknya tentang apa yang dia pelajari dari gambar kartu kehidupannya (maksud gambar, penyebabnya, dan solusi yang terbaik seperti apa).

Sungguh sebuah pembelajaran yang kreatif dan menarik untuk diikuti, dimana para siswa bisa diajarkan untuk menjadi pembawa damai dengan memberikan solusi-solusi yang terbaik serta dapat berpikir secara kritis dalam menghadapi konflik ataupun tantangan yang mereka hadapi. Biarlah melalui kegiatan Kreativitas Pendidikan Karakter ini, bukan hanya teori  yang didapat melainkan  implementasi program Student Learning Outcomes dapat terwujud. Generasi muda SMP Kristen Petra 1 bisa membawa kedamaian dan menjadi pribadi yang tangguh serta kritis bagi lingkungan disekitar mereka berada. God Bless You…