SMP Kristen Petra 1 - Harmony Day

Harmony Day

harmony01Harmony Day bukanlah hanya sekedar acara biasa dilakukan, tetapi harmony Day adalah hari istimewa karena saat dimana kami lebih dekat lagi dengan sesama atau dengan lingkungan sekitar kami. Kegiatan itu sesuai dengan tema Pendidikan Karakter yaitu "Mengelola lingkungan dengan bertanggung jawab". Keharmonisan dalam kehidupan kami dapat berjalan selaras jika kami mampu melakukannya dengan seimbang.

Dalam kegiatan tersebut diawali dengan pujian syukur bagi Tuhan serta siraman firman lewat tayangan klip tentang penciptaan alam semesta dan kerusakan alam seperti yang terjadi sekarang ini akibat ulah manusia. Selanjutnya beberapa anak berdiri di panggung dan memainkan drama singkat mengenai kepedulian kita terhadap lingkungan. Pesan dari drama yang dimainkan oleh anak-anak itu adalah kita dapat melakukan hal-hal kecil untuk lingkungan kita dan ketika hal kecil tersebut kita lakukan dengan setia maka dampaknya akan menjadi besar. Selanjutnya Bapak Priska Panca, S.Th. membawakan renungan dengan tema  "Berdamai dengan alam". Kami diingatkan kembali dalam renungan tersebut untuk memelihara segala apa yang diciptakan-Nya. Dari hal yang paling kecil yaitu contoh "Jangan membuang sampah sembarangan", kata Bapak Panca menasehati kami.  Bentuk syukur yang kami  persembahkan bagi Tuhan yaitu dengan menjaga dan peduli dengan lingkungan kami, mencintai, dan mengasihi sesama maupun lingkungan.

Keharmonisan lebih terasa, saat kami berdiri melingkar dan sambil bergandeng tangan. Kami saling mendoakan satu dengan yang lain dengan doa syafaat. Dalam doa itu kami memohon keselamatan bangsa dan negara kami, lingkungan kota kami, teman-teman yang sedang sakit, sekolah kami, serta segala persiapan menjelang ujian nasional. Dengan demikian biarlah kedekatan dengan sesama dan keharmonisan kami dengan alam yang menjadi bentuk kerinduan kami untuk memuliakan nama Tuhan itu terjalin untuk selama-lamanya.