SMP Kristen Petra 2 - Good Neighbourhood

2016 smp kristen petra 2 good neighbourhood 01Kami mendapatkan materi yang bertemakan “Good Neighbourhood” dalam Pendidikan Karakter Kristiani di SMP Kristen Petra 2 yang berlangsung pada hari Sabtu, tanggal 16 April 2016. Apa sih arti dari good neighbourhood? Pada sesi pertama, kami  memperoleh penjelasan tentang arti dari good neighbourhoodoleh bapak/ibu pengimplementasi dengan contoh-contoh tindakan yang benar dan salah dalam kehidupan bertetangga melalui tampilan video klip, baik kehidupan bertetangga di masyarakat maupun membangun hubungan kerja sama antarnegara.

Good neighbourhood adalah tetangga yang baik atau menjadi tetangga yang baik. Dalam kehidupan ini, kami pasti senang memiliki tetangga yang baik dan ramah kepada kami, tetapi kami juga harus bisa menjadi tetangga yang baik juga bagi sesama, misalnya dengan cara: membantu merawat tanaman tetangga saat mereka sedang bepergian ke luar kota, berusaha menolong saat mereka membutuhkan, melakukan kerja bakti di lingkungan rumah di sekitar rumah kami, dan masih banyak lagi. Kami perlu menjadi tetangga yang baik karena kami hidup bermasyarakat. Jika kami memiliki teman berbeda agama di lingkungan kami, kami harus bisa menghargai dan juga menjalin pertemanan yang baik dengan mereka tanpa membeda-bedakan status sosial ataupun agama.

2016 smp kristen petra 2 good neighbourhood 02

Pada sesi yang kedua, kami  bermain “Take and Give”. Kami dibagi dalam enam kelompok. Setiap kelompok diminta untuk menyusun  potongan puzzle yg diberikan oleh bapak/ibu pengimplementasi. Bukan hanya itu, potongan puzzle yg diberikan ternyata tidak lengkap. Cara mencari potongan puzzle yang lain dengan cara menukarnya dengan kelompok-kelompok lain yang memiliki potongan puzzle yang kami butuhkan. Bukan hanya itu tantangannya, kami dilarang untuk berbicara kepada teman kami yang ada di kelompok lain saat kami ingin menukarkan potongan puzzle yang kami miliki dengan memakai isyarat tangan. Jika telah selesai dan lengkap, tiap-tiap kelompok harus memasangkan potongan-potongan itu dalam selembar kertas karton lalu mewarnainya dengan pensil warna. Hasil karya terbaik dari setiap kelas akan ditempel di mading sekolah. Pendidikan karakter ini menyadarkan kami agar senantiasa menjadi tetangga yang baik di lingkungan kami. Be a good neighbour... and God bless you!

oleh: Stefhani