SMA Kristen Petra 5 - Memupuk budaya menunggu giliran

Memupuk budaya menunggu giliran

budaya_antri03.jpgbudaya_antri02.jpgbudaya_antri01.jpg

Kehidupan yang kita jalani saat ini tak pernah lepas dari yang namanya mengantre. Saat berbelanja di supermarket, hendak menaiki transportasi umum, atau bahkan ke toilet umum seringkali membutuhkan antre. Tentunya hal ini bertujuan agar segala aktivitas bisa berjalan tertib dan lancar.

Sayangnya budaya menunggu giliran ini belum kuat tertanam dalam keseharian masyarakat Indonesia. Yang namanya "saling mendahului" dan "saling mendorong" bukan lagi hal asing bagi sebagian layanan umum di negara kita. Bahkan alat pembatas atau petugas yang menjaga seringkali tidak bisa mengendalikan hal tersebut, saking seronoknya keadaan di sana. Suasana menjadi kacau dan tidak ada ketertiban lagi.

Tentu hal tadi sangat perlu dikendalikan. Salah satu caranya yaitu dengan menanamkan hal megantre tersebut sejak dini. Demikianlah yang diusahakan PPPK Petra melalui kegiatan Character Building. Dengan berbagai macam diskusi, refleksi, dan aktivitas, para siswa diajar untuk selalu sabar dalam menunggu giliran. Siswa diajak untuk mau bertoleransi dan tidak mementingkan ego sendiri.

Salah satu kegiatan yang kita lakukan adalah dengan permainan bertajuk "Giliranku sudah tiba". Game ini melibatkan 2 kelompok berisikan masing-masing 14 orang. 14 orang tadi dibagi menjadi 2 bagian, salah satu di sayap kiri dan yang lain di sayap kanan. Ada 1 orang ketua yang ditunjuk untuk memberi komando, bagaimana caranya, agar seluruh anggota sayap kanan bisa berpindah ke sayap kiri, dengan aturan setiap siswa hanya boleh melewati satu orang, tetapi diijinkan maju atau mundur jika kotak di belakang atau depannya kosong.

Permainan ini mengajar kita untuk bersabar sementara si ketua mengomando satu persatu. Budaya mengantre saat ini juga diterapkan dalam hal lain di sekolah. Salah satunya mengantre di kantin.

Character Building sangat membantu kita dalam membiasakan hal-hal kecil ini yang nantinya akan menjadi kebiasaan baik. PPPK Petra akan terus membudayakan hal tersebut dan pastinya menambah terus kegiatan pembentukan karakter yang baik.

by : Clarence Rebecca (X-7)