SMA Kristen Petra 5 - Teacher's Day

Teacher's Day

teacher_day03.jpgteacher_day02.jpgteacher_day01.jpg

Para siswa memperingati Hari Guru Nasional, pada kegiatan Pendidikan Karakter Kristiani (PKK), dengan lantunan lagu "Terima Kasih Guruku" yang dinyanyikan oleh Raoulian kelas XI IPA, serta puisi "Guruku" yang dibawakan oleh Hans Christian kelas X-6 merupakan surprise untuk guru-guru SMA Kristen Petra 5 di hari Sabtu, tanggal 24 Nopember 2012.

SMA Kristen Petra 5 - Memupuk budaya menunggu giliran

Memupuk budaya menunggu giliran

budaya_antri03.jpgbudaya_antri02.jpgbudaya_antri01.jpg

Kehidupan yang kita jalani saat ini tak pernah lepas dari yang namanya mengantre. Saat berbelanja di supermarket, hendak menaiki transportasi umum, atau bahkan ke toilet umum seringkali membutuhkan antre. Tentunya hal ini bertujuan agar segala aktivitas bisa berjalan tertib dan lancar.

Sayangnya budaya menunggu giliran ini belum kuat tertanam dalam keseharian masyarakat Indonesia. Yang namanya "saling mendahului" dan "saling mendorong" bukan lagi hal asing bagi sebagian layanan umum di negara kita. Bahkan alat pembatas atau petugas yang menjaga seringkali tidak bisa mengendalikan hal tersebut, saking seronoknya keadaan di sana. Suasana menjadi kacau dan tidak ada ketertiban lagi.

SMA Kristen Petra 4 - Bersama membuat norma dinding

Bersama membuat norma dinding

nording-00.JPGnording-02.JPGnording-01.JPG

Salah satu tema yang diangkat dalam kegiatan Pendidikan Karakter kali ini adalah menghormati norma. Materi yang telah dipersiapkan oleh tim penyusun ini diberikan kepada para siswa pada hari Sabtu tanggal 17 September 2011 lalu. Setelah Persekutuan Doa selesai, para siswa di SMA Kristen Petra 4 beserta wali kelas masing-masing berupaya membuat dan menyepakati norma / aturan untuk diberlakukan di kelas mereka. Setelah terbentuk kesepakatan, mereka menuliskannya dalam “norma dinding” yang dipasang di ruang kelas masing-masing sebagai pengingat agar mereka selalu menaati aturan tersebut.

SMA Kristen Petra 4 - Kepedulian terhadap lingkungan hidup

Kepedulian terhadap lingkungan hidup

lingkungan-hidup-01.jpglingkungan-hidup-02.jpg

Kali ini, Pendidikan Karakter Kristiani mengajarkan materi tentang kepedulian terhadap lingkungan hidup. Diawali dengan pemaparan mengenai kerusakan yang ada di sekitar kita beserta dampak yang ditimbulkannya, para siswa diajak untuk merenungkan kembali bahwa alam dan lingkungan adalah anugerah tak terkira yang diberikan Allah untuk kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu, seharusnya manusia menjaga kelestarian lingkungan alam, bukan merusak ataupun menyia-nyiakannya.

Setelah pengertian akan materi ini diberikan, para siswa diberi tugas dengan waktu yang telah ditentukan. Tugas ini dilakukan secara berkelompok, yaitu membuat majalah dinding kelas. Mereka pun mengisi majalah dindingnya baik dengan berbagai artikel, opini, karikatur, puisi, maupun hasil wawancara; dengan lingkungan hidup sebagai temanya. Antusiasme para siswa terlihat dari kreativitas mereka dalam menyajikan artikel-artikel dalam madingnya, seperti artikel mengenai bagaimana cara melakukan penghematan dalam penggunaan air dan listrik.

SMA Kristen Petra 4 - Pohon Kejujuran

Pohon Kejujuran

pohon-kejujuran-3.jpgpohon-kejujuran-2.jpgpohon-kejujuran-1.jpg

Kali ini, tema Pendidikan Karakter Kristiani yang diangkat oleh PPPK Petra adalah kejujuran (honesty). Penyampaian materi dan contoh-contoh kejujuran yang dikemas dalam pleno mengantar siswa untuk melakukan evaluasi dan refleksi diri mengenai perbuatan jujur maupun perbuatan tidak jujur yang pernah dilakukannya.

Refleksi tersebut dituliskan pada kertas aneka warna yang berbentuk daun, buah, bunga dan lain-lain. Di dalam tulisannya, mereka menuangkan contoh-contoh nyata perbuatan mereka serta dampak yang ditimbulkannya. Kemudian, kertas refleksi tersebut dipasangkan pada ranting pohon buatan masing-masing kelas, sehingga setiap kelas di SMA Kristen Petra 4 memiliki “Pohon Kejujuran”. Melalui kegiatan ini, para siswa dapat saling berbagi pengalaman dan menjadi saluran berkat satu sama lain.