SD Kristen Petra 13 - Pendidikan Karakter

Selama bulan Maret 2012, para siswa SD Kr. Petra 13 mengikuti Pendidikan Karakter dengan beberapa tema antara lain "Menepati Waktu / Bersikap Disiplin" , dan "Bertanggungjawab Atas Kebebasan" dengan dilayani oleh Bpk Pdt. Agus S.Th. dan Ibu Pdt.Claudia Kawengian,S.Th.

Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu… ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini ( Efesus 6 : 1-2 )

Ilustrasi yang diberikan oleh Bpk Pendeta sangat bagus, yaitu tentang suami istri yang miskin dan memelihara ayam. Ternyata ayam tersebut bertelur dan telurnya adalah telur emas. Mendadak suami istri ini menjadi kaya raya. Setiap minggu ayam hanya bertelur satu butir saja, nah... mulailah timbul ide yang buruk dari istrinya. Dia ingin memperoleh telur dengan banyak dan cepat, tapi bagaimana ya caranya? Akhirnya istrinya mempengaruhi suaminya, bagaimana bila perut ayamnya dibelah dan diambil? Mungkin akan dapat telur emas yang lebih banyak lagi. Dan akhirnya mereka berdua memotong perut ayam tersebut. Tapi apa yang terjadi? Bukannya telur emas yang didapat, tetapi mereka tidak mendapatkan apa-apa. Bahkan ayamnya mati, sehingga mereka tidak mendapatkan apa-apa lagi. Akhirnya mereka menyesali perbuatannya.

Nah, anak-anak yang baik, jangan meniru sifat suami istri yang tidak baik ya. Seringkali kita berbuat seenak kita, tidak tepat waktu, maunya ingin mendahului tetapi ternyata lebih banyak kesalahan yang kita lakukan daripada yang benar. Mari kita belajar mempergunakan waktu dengan lebih bertanggung jawab, kita mudah memerintah, minta sesuatu dengan cepat, tanpa memikirkan, bahkan tidak memiliki waktu untuk menyusun dan merencanakannya dengan baik. Setelah melakukan barulah kita menyesal.

pkk3.jpgpkk4.jpgpkk5.jpgpkk1.jpgpkk2.jpg

“Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.” ( Kolose 3 : 23 )

Firman Tuhan yang disampaikan oleh Pdt. Claudia Kawengian ,S.Th. mengingatkan kepada kita semua bagaimana seharusnya menjadi anak-anak Tuhan. Ciri-ciri anak Tuhan adalah jujur, baik hati, sopan, rajin berdoa, hormat pada orang tua dan siapa pun juga, selalu memelihara hatinya agar tetap tertuju kepada Tuhan. Sudahkah kita semua berbuat demikian? Anak Tuhan harus tahu apa yang baik dan yang tidak baik dan apa yang harus kita lakukan dan menolong tanpa diberitahu. Peka terhadap sekitar, dan memelihara kasih Tuhan dalam hidupnya. Kita dapat menampilkan / memperlihatkan kehidupan sebagai anak-anak Tuhan dengan memelihara pikiran hati, tindakan, dan ucapan dalam kehidupan kita. Apabila hati kita mulai dikuasai oleh hal-hal yang jahat, maka pikiran kita akan melupakan hal-hal yang baik, sehingga kita akan melakukan yang jelek atau yang jahat pula. Semoga anak-anak SD Kr. Petra 13 tidak memiliki hati yang jahat sehingga dapat melakukan dan menabur hal-hal yang baik.

pkk11.jpgpkk9.jpgpkk8.jpgpkk6.jpgpkk7.jpgpkk10.jpg

Dengan kegiatan kelompok, para siswa kelas III ABC belajar tentang kenampakan permukaan bumi dengan kegiatan menyusun puzzle. Dalam kelompok, para siswa bekerja sama untuk menyusun puzzle bumi, peta, dan macam-macam gambar yang berkaitan dengan bumi. Anak-anak sangat senang sekali, tanpa terasa mereka mengerti bahwa permukaan bumi tidak rata karena ada yang menonjol ke luar dan menjorok ke dalam karena ada jurang, gunung, bukit, tanjung, selat, dan lain-lain.

PKK12.jpgPKK13.jpg