SD Kristen Petra 7 - Bersikap disiplin

Permainan Bersikap Disiplin

Pada hari Sabtu tanggal 3 Maret 2012 siswa kelas 1 – 3 diajak Bapak / Ibu guru untuk melakukan sebuah permainan yang menyenangkan lho. Kali ini kegiatan kreativitas kelas yang dilakukan adalah sebuah permainan yang menuntut sikap disiplin siswa kelas 1 – 3 harus dapat menghafal syair lagu pujian dan juga harus berani menyanyikannya di depan kelas… Bisa tidak ya…? Pasti bisa…!

Lalu bagaimana cara permainannya? Satu minggu sebelumnya siswa kelas 1 dan 2 sudah diajak oleh guru mereka bersama-sama untuk menghafalkan lagu "Taat / Baik" sedangkan siswa kelas 3 lebih bebas memilih mau menghafalkan lagu "Taat / Baik" atau lagu "Ku Tak Mau Hidup Percuma".

Mereka bermain secara berkelompok, satu kelompok terdiri atas 6 – 7 siswa. Setiap kelompok melakukan kegiatan menyanyi secara bergilir sesuai urutan dan berdiri berjajar di depan kelas menyanyikan syair lagu. Sesuai aba-aba dari guru, siswa yang berjajar nomor satu menyanyikan syair lagu dan dengan tiba-tiba peluit dibunyikan tanda siswa tersebut harus berhenti menyanyi kemudian dilanjutkan oleh siswa yang berjajar di nomor dua. Demikian seterusnya sampai syair lagunya selesai dinyanyikan. Susah-susah gampang ya? Hehehe… Ayo, jangan menyerah! Menyanyilah dengan ekspresi dan gaya lucu kalian… Nah, untuk mengetahui kelompok mana yang menang atau kalah dapat dilihat dari kelompok yang melakukan sedikit kesalahan dalam permainan menyanyikan pujian secara berantai itulah pemenangnya.

Beda lagi dengan permainan yang dimainkan siswa kelas 4 – 6 yaitu Permainan “Menara Kartu”. Cara bermainnya seperti ini…

Guru membagi siswa dalam kelompok yang anggotanya berjumlah 5 – 6 siswa lalu tiap kelompok duduknya secara melingkar dan menyiapkan kartu kemudian guru memberikan instruksi kepada seluruh kelompok dalam satu kelas agar tidak berbicara selama permainan berlangsung agar tangan dan pikiran dapat berkonsentrasi untuk membangun menara yang tertinggi yang menjadi juara adalah kelompok yang berhasil membangun menara paling tinggi dan paling cepat … Harus diingat nih dalam permainan ini ketepatan, kecepatan, dan kedisiplinan waktu dalam menyelesaikan permainan sangat diperhatikan lho.

Semua kegiatan permainan kreativitas yang dilakukan siswa kelas 1 – 6 bertujuan agar siswa mampu memiliki kemauan kuat untuk mewujudkan sikap disiplin sebagai sesuatu yang bernilai dalam kehidupan sehari-hari. Ingat, selalu hidup disiplin ya!

disiplin3.jpgdisiplin2.jpgdisiplin6.jpgdisiplin7.jpgdisiplin5.jpgdisiplin4.jpg