SD Kristen Petra 10 - Memberi Kontribusi

Memberi Kontribusi

Apa arti kontribusi dan bagaimana cara kita memberi kontribusi? Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat terjawab setelah kami mengikuti kegiatan Pendidikan Karakter dan Kreativitas Sekolah yang telah dilaksanakan pada tanggal 23 Februari dan 2 Maret 2013. Dalam pembelajaran tersebut kami melakukan aktivitas "Gambar Berantai" yaitu melanjutkan dan melengkapi gambar teman sesuai yang mereka inginkan secara bergiliran. Selain itu, kami juga melakukan permainan menyusun kata menggunakan huruf-huruf yang sudah kami pegang dalam waktu 5 detik. Wah, seru lho permainannya!

Kegiatan yang tak kalah serunya adalah bazar yang bertema From Me To You pada tanggal 9 Maret 2013. Pada hari itu kami berkontribusi untuk kelas kami masing-masing yang dimulai dengan mengemas makanan dan minuman secara bergantian sehingga layak untuk dijual. Setelah itu, kami pun berkeliling untuk membeli berbagai makanan dan minuman yang disediakan. Hmm… menunya enak-enak lho! Kami merasa sangat senang dan menikmati kegiatan tersebut.

Satu hal lagi yang lebih membuat kami merasa bangga adalah hasil dari penjualan bazaar tersebut kami sumbangkan kepada orang lain yang membutuhkan, yaitu kepada anak-anak yang tinggal di panti asuhan pada tanggal 19 Maret 2013. Kedatangan kami disambut warga panti dengan ramah. Dengan hati penuh sukacita kami melantunkan doa dan pujian. Acara perkenalan pun berlangsung dengan seru. Kami semua berbaur dan saling berbagi pengalaman. Puncak acaranya, kami memberikan bingkisan kepada warga panti. Bingkisan itu berupa bahan makanan dan barang-barang kebutuhan sehari – hari. Raut wajah gembira terpancar di wajah mereka saat menerima bingkisan tersebut. Kamipun merasa senang dan bangga bisa memberi kontribusi dan berbagi berkat dengan mereka yang membutuhkan. Semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat bagi mereka.

Dari berbagai pembelajaran tersebut kami menyadari bahwa memberi kontribusi (sumbangsih) lahir dari kepedulian saat melihat kebutuhan orang lain. Nah, teman-teman apakah selama ini kita sudah memberikan kontribusi yang baik kepada orang lain dan lingkungan kita? Jika belum, mari kita memulainya dengan hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan dimulai dari sikap diri kita sendiri untuk mau berkontribusi di dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat supaya keadaan menjadi lebih baik.

Bazaar-1.jpgKunjungan-ke-Panti-2.jpgP.Karakter-2.jpgP.Karakter-1.jpgKunjungan-ke-Panti-1.jpgBazaar-2.jpg