SD Kristen Petra 10 - Bertetangga yang Baik

2016_sd_kristen_petra_10_bertetangga_yang_baik_01.jpg2016_sd_kristen_petra_10_bertetangga_yang_baik_02.jpg

Untuk dapat memiliki teman, maka jadilah seorang teman.” Mungkin demikian yang selalu dinasihatkan oleh orang tua kepada kita. Hal tersebut merupakan salah satu pesan untuk kita dalam hidup berdampingan dengan orang lain, seperti tetangga. Bisa dikatakan, tetangga adalah orang yang paling dekat dengan kita karena saat kita membutuhkan pertolongan, merekalah orang terdekat yang bisa menolong. Oleh karena itu, kita harus menjalin hubungan yang harmonis dengan tetangga sekitar kita.

Pada tanggal 16 April 2016, dalam kegiatan PKK di SD Kristen Petra 10, siswa-siswi kelas II–VI mengikuti permainan “Bertetangga yang Baik”. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok diibaratkan sebagai sebuah rumah yang saling berdekatan (bertetangga). Setiap kelompok menerima alat tulis yang telah diacak oleh guru, dan menggambarkan tentang kehidupan bertetangga yang baik. Kelompok satu dengan yang lain akan saling membutuhkan peralatan menulis, sehingga setiap kelompok akan belajar cara yang baik dalam bersikap ketika membutuhkan sesuatu ataupun membantu orang lain. Contohnya ketika di kelompoknya tidak memiliki penghapus, anggota kelompok akan pergi ke kelompok lain yang mempunyai penghapus. Siswa meminta izin dengan sopan, dan teman yang datang harus disambut dengan ramah.

Dari permainan tersebut, menunjukkan bahwa dengan adanya orang lain sangat berarti bagi kehidupan kita. Jadi kita harus menjadi manusia yang peduli dengan orang lain, mau berbagi, dan tidak mementingkan diri sendiri, karena kita adalah makhluk sosial yang saling berinteraksi satu sama lain.