SD Kristen Petra 1 - Mengatasi Konflik

2016 sd kristen petra 1 mengatasi konflikSiapa di antara kalian yang tidak pernah mengalami konflik? Pasti semua orang pernah mengalami konflik dalam hidupnya, termasuk diri kita. Mengapa kita semua pasti mengalami konflik? Karena kita memiliki perbedaan dengan sesama kita dan terkadang kita sulit untuk menerima perbedaan itu. Sering, kita cenderung memaksakan apa yang kita harapkan atau inginkan sehingga muncul konflik. Sayangnya, kita tidak bisa menghindari konflik. Ketika konflik terjadi, hendaknya kita segera menyelesaikannya. Bersikap rendah hati dengan mau berkomunikasi yang baik, serta mau meminta maaf kepada teman yang sedang berkonflik dengan kita adalah salah satu bentuk sikap menyelesaikan konflik yang terjadi.

Tanggal 14 Mei 2016, kami, siswa SD Kristen Petra 1, mengikuti kegiatan Pendidikan Karakter Kristiani dengan tema “Mengatasi Konflik”. Sebuah pembelajaran yang berkesan bagi kami, karena kami belajar untuk bisa mengatasi konflik. Bagaimana cara mengatasi setiap konflik yang kami alami dalam kehidupan sehari-hari, kami terapkan dengan berbagai kegiatan pada hari itu.

Pada kegiatan kelas kecil, kami secara berkelompok berusaha melepaskan simpul pada tali rafia, dengan syarat, tangan tidak boleh terlepas dari tali yang dipegang. Kami semua memang menginginkan hasil yang terbaik. Namun pada proses komunikasi dalam kelompok, sangat mungkin ada beberapa siswa yang mengeluh karena tidak puas dengan hasil yang pertama dan berikutnya, saling menyalahkan, sehingga timbullah konflik. Melalui permainan ini, kami bisa belajar mengatasi konflik dalam kelompok.

Lalu pada kegiatan kelas besar, kami secara berkelompok bermain “Kartu Ajaib”. Kami belajar untuk memecahkan berbagai konflik yang ada di dalam kartu, misalnya salah paham dengan teman, berbeda pendapat, dan tidak punya teman. Kegiatan ini menjadi lebih seru karena permainan dilakukan seperti bermain kartu domino.

Teman-teman, sekarang kita tahu bahwa konflik akan membawa suasana menjadi kacau, dan bila tidak segera diselesaikan akan membuat kerugian bagi orang yang berkonflik ataupun lingkungan di sekitarnya. Untuk itu, kita harus menyelesaikan konflik yang terjadi dengan saling meminta maaf dan mengampuni. Pilihan ada di tangan kita, apakah kita mau menyelesaikan konflik dan merasakan kedamaian dalam hidup, atau tidak mau menyelesaikan konflik dan hidup dalam ketidaktenangan.

 

SD Kristen Petra 10 - Bertetangga yang Baik

2016_sd_kristen_petra_10_bertetangga_yang_baik_01.jpg2016_sd_kristen_petra_10_bertetangga_yang_baik_02.jpg

Untuk dapat memiliki teman, maka jadilah seorang teman.” Mungkin demikian yang selalu dinasihatkan oleh orang tua kepada kita. Hal tersebut merupakan salah satu pesan untuk kita dalam hidup berdampingan dengan orang lain, seperti tetangga. Bisa dikatakan, tetangga adalah orang yang paling dekat dengan kita karena saat kita membutuhkan pertolongan, merekalah orang terdekat yang bisa menolong. Oleh karena itu, kita harus menjalin hubungan yang harmonis dengan tetangga sekitar kita.

SMP Kristen Petra 2 - Good Neighbourhood

2016 smp kristen petra 2 good neighbourhood 01Kami mendapatkan materi yang bertemakan “Good Neighbourhood” dalam Pendidikan Karakter Kristiani di SMP Kristen Petra 2 yang berlangsung pada hari Sabtu, tanggal 16 April 2016. Apa sih arti dari good neighbourhood? Pada sesi pertama, kami  memperoleh penjelasan tentang arti dari good neighbourhoodoleh bapak/ibu pengimplementasi dengan contoh-contoh tindakan yang benar dan salah dalam kehidupan bertetangga melalui tampilan video klip, baik kehidupan bertetangga di masyarakat maupun membangun hubungan kerja sama antarnegara.

Good neighbourhood adalah tetangga yang baik atau menjadi tetangga yang baik. Dalam kehidupan ini, kami pasti senang memiliki tetangga yang baik dan ramah kepada kami, tetapi kami juga harus bisa menjadi tetangga yang baik juga bagi sesama, misalnya dengan cara: membantu merawat tanaman tetangga saat mereka sedang bepergian ke luar kota, berusaha menolong saat mereka membutuhkan, melakukan kerja bakti di lingkungan rumah di sekitar rumah kami, dan masih banyak lagi. Kami perlu menjadi tetangga yang baik karena kami hidup bermasyarakat. Jika kami memiliki teman berbeda agama di lingkungan kami, kami harus bisa menghargai dan juga menjalin pertemanan yang baik dengan mereka tanpa membeda-bedakan status sosial ataupun agama.

TK Kristen Petra 12 - Kasih itu Mau Melayani

Kasih itu Mau Melayani

Pendidikan Karakter Kristiani yang diadakan pada hari Jumat, tanggal 9 November 2012 bertema "Kasih itu Mau Melayani" dibuat dengan konsep "Kids Cafe". Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi dari kelompok TK A (Love and Joy Group).

Nuansa / suasana Kids Cafe begitu cozy, clean and comfortable untuk anak- anak. Kegiatan kali ini sangat menarik karena 6 siswa/ siswi dari masing-masing kelas dipilih untuk melayani teman-temannya. 1 anak sebagai petugas penukaran kupon, 2 anak bertugas melayani pesanan minuman es buah, 2 anak bertugas mengantar pesanan, 1 anak bertugas di stan roti.

Siswa mendapatkan lembar kupon yang telah dibagikan oleh guru di kelas masing-masing. Kemudian mereka harus antri menukarkan kupon makanan dan minuman. Kegiatan ini mengajarkan siswa untuk sabar menunggu giliran.

"Selamat datang di Kids Care" sambutan hangat dari penerima tamu setelah anak-anak mendapatkan kupon makanan dan minuman. Waiter and waitress kids are ready to serve...

Selamat menikmati, teman-teman... Sambil makan, kalian juga akan dihibur oleh singer kids...

Kasih itu mau melayani 03.jpgKasih itu mau melayani 09.jpgKasih itu mau melayani 01.jpgKasih itu mau melayani 04.jpgKasih itu mau melayani 13.jpgKasih itu mau melayani 12.jpgKasih itu mau melayani 07.jpgKasih itu mau melayani 10.jpgKasih itu mau melayani 05.jpgKasih itu mau melayani 06.jpg

TK Kristen Petra 12 - Mau Menolong Sesama

Mau Menolong Sesama

"Mau Menolong Sesama" adalah tema Pendidikan Karakter Kristiani tanggal 22 Februari 2013. Dengan permainan "Bekerja bersama-sama", diharapkan siswa memahami arti tolong-menolong terhadap sesama melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah, sekolah, dan masyarakat, mereka juga mengetahui mengapa harus menolong sesama dengan tulus.

mau_menolong_sesama_2.jpgmau_menolong_sesama_3.jpgmau_menolong_sesama.jpg

TK Kristen Petra 10 - Kebiasaan Baik Dari Kecil

Kebiasaan Baik Dari Kecil

Tanggal 27 Juli 2012, siswa kelompok A di TK Kristen Petra 10 pertama kali mengikuti kegiatan Pendidikan Karakter Kristiani. Setelah mengawali dengan doa, siswa diajak untuk belajar mengenai topik “adil” lewat permainan, belajar berbagi dengan teman dan saudara. Mereka juga diingatkan untuk dapat membantu menjaga adik dan menyayanginya. Aku sudah mulai berbagi loh dengan adikku, bagaimana dengan kamu??? Ayo teman-teman kita mulai kebiasaan yang baik mulai dari sekarang…

kebiasaan_1.jpgkebiasaan_2.jpgkebiasaan_3.jpg